https://uni.sesc.com.br/rajaslot303/https://siakad.borobudur.ac.id/daftar/https://kinerja.umpo.ac.id/assets/product/https://singbar.singkawangkota.go.id/img/sgacor/
RAPAT KOORDINASI PEMBENTUKAN MESJID KECAMATAN - Kecamatan Paser Belengkong
RAPAT KOORDINASI PEMBENTUKAN MESJID KECAMATAN

RAPAT KOORDINASI PEMBENTUKAN MESJID KECAMATAN

Pasir Belengkong, Rabu, 12 April 2023. Camat Peser Belengkong Bapak Salman, SE. MM membuka dan sekaligus memimpin  rapat koordinasi pembentukan masjid kecamatan. Dalam acara tersebut dihadiri juga oleh Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Paser Belengkong Bapak Ardiansyah, Bapak Kapolsek Paser Belengkong dan Bapak Kasi Trantib Kecamatan Paser Belengkong, serta tokoh – tokoh masyarakat yang ada di Kecamatan Paser Belengkong.

Mesjid yang akan dijadikan Mesjid Kecamatan adalah Mesjid Nurul Ibadah. Masjid Nurul Ibadah adalah salah satu masjid yang berada di Kabupaten PaserKalimantan Timur, tepatnya di desa Pasir Belengkong, Kecamatan Paser Belengkong. Status masjid ini adalah bangunan cagar budaya tingkat nasional di Indonesia. Masjid ini merupakan peninggalan Kerajaan Paser. Masjid Nurul Ibadah dijadikan sebagai tempat ibadah bagi keluarga raja Kerajaan Paser yang bernama Aji Tenggara. Di samping Masjid Nurul Ibadah merupakan istana kediaman raja yang diubah menjadi Museum Sadurengas. Masjid Nurul Ibadah aktif digunakan oleh raja pada periode tahun 1844-1873 Masehi. Setelah Sultan Ibrahim Khaliluddin membeli rumah raja pada akhir abad ke-19 Masehi,  Masjid Nurul Ibdah dijadikan sebagai tempat berkumpul dan musyawarah untuk membahas permasalahan di masyarakat. Di masjid ini terdapat beduk dan menara yang digunakan oleh muazin untuk azan.

Berdasarkan hasil rapat memutuskan pada dasarnya peserta rapat setuju dengan Mesjid Nurul Ibadah menjadi masjid kecamatan. Dengan dijadikannya masjid Nurul Ibadah menjadi masjid kecamatan maka akan menjaga kelestarian masjid tersebut.


Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a comment